Rabu, 12 Agustus 2015

Kota Mataram

Kota Mataram adalah pusat kota yang ada Lombok sekaligus menjadi ibukota NTB. Dapat dikatakan Mataram ialah kawasan yang mempunyai fasilitas paling banyak diantara daerah lain yang ada di pulau Lombok. Konon, bandara utama di pulau tersebut, yaitu Bandar udara Selaparang yang ada di kota Mataram yang akhirnya pindah menuju Praya, kab. Lombok Tengah yang sering di sebut BIL (Bandara Internasional Lombok. Di kota Mataram terdapat dua pusat transport utama yaitu Terminal Mandalika dan Pelabuhan Lembar. Pelabuhan Lembar tersebut menghubungkan  pulau Dewata Bali dengan pulau Lombok. Selain menjadi tempat transit menuju ke ojek-objek wisata di kawasan lain, Anda pun bisa berkunjung ke berbagai kawasan yang indah di Kota Mataram. Seperti pelabuhan dan objek Wisata Lombok yaitu kota tua Ampenan. Ataupun Anda juga dapat berjalan-jalan ke Pasar Cakranegara yang menjadi tujuan utama pengunjung di kota tersebut. Di pasar tersebut, Anda dapat membeli  cinderamata dan hasil kerajinan tangan yang murah-murah. Contohnya, kawasan Sekarbela yang dikenal sebagai tempat kerajinan perhiasan mutiara. Tak hanya berbelanja, Anda pun dapat berkunung ke tempat wisata sejarah dan religi, sebab di Mataram banyak terdapat peninggalan sejarannya misalnya, Taman Mayura dan Pura Meru yang berada di Cakranegara, Museum Nusa Tenggara Barat serta Makam PPH Van Ham dan Loang Baloq.Sebagai ibukota NTB, hotel serta penginapan bermacam kelas telah tersedia di kota ini. Anda bisa menginap pada Lombok Plaza Hotel, Lombok Raya Hotel, Grand Legi Hotel, , Lombok Garden Hotel, dan Griya Asri Hotel, serta Bidari Hotel.

Selain di Mataram, Lombok bagian Barat yang lebih dikenal oleh para wisatawan. Yaitu  Pantai Senggigi yang indah yang menjadi ikon pulau  Lombok. Tidak hanya itu, cuma1 km dari Pantai Senggigi ada Pura yang di sebut  Batu Bolong, pura yang berada ditepi pantai itu memberikan susana yang beda kepada setiap pengunjungnya. Sebagai daerah wisata yang telah jadi, fasilitas penginapan di Senggigi sangat banyak sekali, misalnya Senggigi Beach Hotel Holiday Resort Lombok, Bintang Senggigi Hotel, Puri Mas Boutique Resort, Puri Bunga Beach Cottage, Bukit Senggigi Hotel, Kebun Villa & Resort, Qunci Hotel and Pool Villas dan masih banyak yang lainnya. Untuk wisatawan yang gemar memancing, Anda dapat datang ke derah Bangko-Bangko yang berada di Desa Batu Putih, Kec.Sekotong yang memberikan spot strategis untuk memancing. Pada kawasan Sekotong, Anda juga bisa diving dan surfing untuk memuaskan hasrat di Pantainya dan menginap di Cocotinus Hotel Sekotong Lombok. Di sisi barat Sekotong, terdapat berbagai pulau kecil seperti Gili Nanggu yang menawan, Gili Renggit, dan Gili Layar. Tak hanya pantai, Anda bisa berkunjung ke objek lainnya yang ada di pulau Lombok seperti Taman Suranadi, Pura Lingsar, Taman Narmada, hutan Sesaot, dan Pura Gunung Pengsong, serta  Bukit Malimbu. Anda juga bisa berkunjung ke sentra ukiran kayu yang ada di kawasan Labuapi, Lombok Barat.

Pada lepas pantai bagian barat di laut Lombok terdapat tiga gugusan pulau kecil eksotis yang menjadi sebuah destinasi wisata terbaik di dunia, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno serta Gili Air. Tetapi yang paling banyak pengunjungnya di antara dua pulau lainnya ialah Gili Trawangan. Untuk dapat menuju Gili Trawangan tersebut, Anda bisa menyeberang dari Pelabuhan Bangsal, yang ada di kawasan Lombok Utara. Berbagai tempat penginapan yang tersedia di Gili Trawangan ialah The H Rooms Hotel Villa Ombak Hotel, Gilli Exotic Villas dan, Villa Almarik Resort.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar