Sabtu, 08 Agustus 2015

Belasan Negara Siap Turut Festival Bunga Tomohon

 Belasan Negara Siap Turut Festival Bunga Tomohon
Selasa, 28 Juli 2015 | 08 : 03 WIB
KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA ILUSTRASI - Konvoi peserta parade bunga, Tournament of Flower (TOF) yang berjalan di selama Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Rabu (8/8/2012).
Berita Terkait

Agustus Ini, Festival Bunga Tomohon Digelar
Festival Bunga Tomohon Menarik Perhatian Turis Tiongkok
Tomohon " Pasadena " Indonesia
Enam Negara Ikuti Festival Bunga Tomohon
Festival Bunga Tomohon Di promosikan di Bali

0
MANADO, KOMPAS — Belasan negara, termasuk juga beberapa puluh kota serta kabupaten di Indonesia, menyebutkan kesiapan berperan serta dalam Festival Bunga Tomohon, Sulawesi Utara, pada 8 Agustus 2015. Festival yang berjalan sepanjang lima hari itu bakal berisi aneka aktivitas berkenaan bunga.

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman, Sabtu (25/7/2015) di Manado, menyampaikan beberapa negara telah meyakinkan akan tiba juga sebagai peserta festival. Negara-negara itu diantaranya Perancis serta Polandia, India, Filipina, Selandia Baru, serta Korea Utara.

" Bahkan juga, Perancis, Korea Utara, Amerika Serikat, serta Filipina termasuk juga negara-negara yang tidak pernah tidak hadir dalam Festival Bunga Tomohon mulai sejak th. 2008. Kami juga telah menebarkan undangan ke beberapa puluh negara di Eropa serta Asia untuk berperan serta, " tutur Eman.

Menurut Eman, gagasan proses Festival Bunga Tomohon sudah di luncurkan di Kuta, Bali, minggu lantas. Harapannya lewat Bali bisa tersedot makin banyak wisatawan asing untuk datang ke Tomohon waktu festival berjalan.

" Kami rilis di Bali serta kami berkampanye perihal Festival Bunga Tomohon pada turis asing, " tuturnya. Panitia Festival Bunga Tomohon juga membagikan brosur festival serta keindahan Kota Tomohon di beberapa hotel serta pada wisatawan asing di Bali.

Panitia Pelaksana Arnold Poli menyampaikan, proses Festival Bunga Tomohon dirangkaikan dengan lomba lari maraton internasional Tomohon 10 K serta kontes putri bunga. Aktivitas yang lain pergelaran seni Nusantara serta kompetisi gateball internasional dan pergelaran marching band yang direncakana memecahkan rekor Muri.

Puncak aktivitas dikerjakan 8 Agustus dengan parade kendaraan hias dari negara serta kota asal peserta. Parade hias ini dibatasi untuk 40 peserta hingga tak mengambil alih saat.

Pada tahun-tahun pada awal mulanya, parade kendaraan hias dikerjakan siang sampai sore hari hingga menjemukan pemirsa serta orang-orang. " Kami batasi parade kendaraan tiga jam dengan rute yang dilalaui diperpendek, " tuturnya.

Ronny Polii, petani bunga Tomohon, menyampaikan, festival bunga senantiasa berikan rejeki pada petani. Beberapa petani memperoleh order pekerjaan kendaraan hias sejumlah Rp 40 juta hingga Rp 50 juta. " Festival bunga jadi saat yang baik untuk petani untuk memanen keuntungan. Kian lebih sejuta tangkai bunga produksi petani Tomohon terpakai dalam aktivitas itu, " katanya.

Ronny menyampaikan, penanaman bunga oleh petani sudah sesuai dengan proses festival. Petani bunga Tomohon sudah mengatur saat panen hingga waktu festival berjalan, bunga telah bisa dipetik. Panen bunga di Tomohon berjalan empat hingga lima kali dalam satu tahun serta senantiasa untungkan petani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar